Sejarah

Posting Komentar

Pada awal berdirinya, program studi ini bernama Program Studi Pendidikan Bahasa. Program studi ini merupakan program studi kesembilan pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Program Studi Pendidikan Bahasa didirikan pada tanggal 9 Juli 2003 sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1436/D/T/2003. Dalam perkembangan selanjutnya, Program Studi Pendidikan Bahasa telah dipisahkan menjadi dua program studi yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No: 2025/D/T/2008.
Pada masa itu, yang menjabat sebagai Ketua Prodi ialah Dr. Usman Kasim, M.Ed. dan dibantu oleh sekretaris prodi Dr. Rajab Bahari, M.Pd. Prodi MPB berjalan selama 6 tahun. Setelah enam tahun prodi MPB ini berjalan, kemudian prodi ini pisah menjadi dua prodi. Pisahnya prodi MPB menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (MPBEN) dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (MPBSI) sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No: 2025/D/T/2008. Pemisahan prodi menjadi dua prodi tidak serta merta terjadi perubahan kepengurusan kedua prodi tersebut. Akan tetapi, ketua prodinya masih dijabat oleh seorang ketua prodi dan dibantu oleh satu sekretaris prodi karena masih masa transisi. Kemudian, kedua prodi yang telah menjadi prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Indonesia dipinpin oleh ketua dan sekretaris prodi masing-masing. Untuk Prodi MPBEN ketua prodinya dijabat oleh Dr. Sofyan A Gani, MAdan selretaris prodi dijabat oleh Drs. Arifin Syamaun, M.Ed yang dipilih secara musyawarah dengan dosen prodi MPBEN. Dr. Sofyan A Gani, MA menjabat sebagai kaprodi selama dua periode yaitu tahun 2008-2016. Sementara sekretaris yang dijabat oleh Drs. Arifin Syamaun, M.Ed hanya menjabat selama satu periode. Kemudian sekretaris Prodi MPBEN berikutnya untuk membantu Dr. Sofyan A Gani, MA dijabat oleh Dr. Razali, M.Pd yang dipilih secara musyawarah juga.
Seiring dengan berakhirnya masa kepemimpinan prodi MPBEN yang dijabat oleh Dr. Sofyan A Gani, MA, pengelola prodi dengan bermusyawarah dengan dosen senior diusulkan ketua baru. Hasil musyawarah prodi mengusulkan Dr. Asnawi, M.Ed sebagai ketua prodi dan Dr. Zulfadli, MA sebagai sekretaris prodi. Usulan kedua nama tersebut diserahkan ke Direktur Pascasarna untuk diteruskan ke Rektor agar ditetapkan sebagai ketua dan sekretaris prodi. Kemudian rektor mengeluarkan Surat Keputusan tentang pengangkatan ketua dan sekretaris prodi. Surat Keputusan pengangkatan yang dikeluarkan oleh Rektor Universitas Syiah Kuala kepada Dr. Asnawi, M.Ed sebagai Koordinator Prodi dan Dr. Zulfadli, MA sebagai Sekretaris Koordinator Prodi MPBEN untuk masa empat tahun terhitung Oktober 2016 sampai dengan Oktober 2020.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget